Pada dasarnya, mesin antrian di bedakan menjadi tiga.

Yang pertama, mesin antrian microcontroller, yaitu mesin antrian yang sistem rangkaiannya menggunakan microprosesor dengan model tombol fisik. Model ini memilki keunggulan yaitu harganya yang miring dibanding model yang lain. Kekurangannya yaitu jika akan menambah layanan atau loket, model tidak bisa dirubah, kecuali harus diganti meja dan memprogram ulang microcontollernya.

Yang kedua, mesin antrian multimedia, yaitu mesin antrian yang sistem rangkaiannya sudah memanfaatkan jaring LAN untuk menghubungkan antara loket. Keunggulannya, model ini memberikan prestise bagi pemilik instansi, bisa direkayasa untuk di tambahi kamera atau penambahan program dengan mudah karena sudah menggunakan komputer sebagai servernya. Kelemahannya, dari sisi harga relatif mahal. Namun, untuk melihat investasi ke depan, model ini cocok .

Yang ketiga, mesin antrian microcontoller multimedia, yaitu model antrian yang menggabungkan dua model sebelumnya menjadi satu. Artinya, menggunakan tombol manual, namun ada tampilan tv informasinya.

Lalu mana yang paling bagu? Semuanya bagus, tergantung dari kebutuhan dan budget.